Jenis Hydrant Kebakaran

Jenis Hydrant Kebakaran – Hydrant Pemadam Kebakaran adalah sebuah alat atau terminal penghubung untuk bantuan darurat saat terjadi kebakaran. Hydrant merupakan koneksi berupa alat yang terdapat di atas tanah yang menyediakan akses pasokan air untuk tujuan memadamkan kebakaran. Biasanya perlindungan api aktif ini disediakan di sebagian wilayah perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan yang memiliki ketersediaan (pasokan) air yang cukup dan memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk menggunakan pasokan air tersebut untuk membantu memadamkan kebakaran.

Jenis Hydrant Kebakaran

Kebutuhan akan hydrant yang semakin tinggi diiringi dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana untuk publik, maka fasilitas untuk perlindungan publik pun harus di lengkapi. 

Berikut jenis hydrant kebakaran

Hydrant Halaman

Hydrant Halaman

Hydrant halaman atau hydrant pilar, merupakan suatu sistem pencegah kebakaran yang memerlukan pasokan air serta dipasang di luar bangunan. Hydrant jenis ini biasanya dipakai oleh mobil Pemadam Kebakaran guna mengambil air jika kekurangan dalam tangki mobil.

a. Hydrant Barel – Basah

Dalam desain hydrant bertekanan dengan tipe barel basah, hydrant dihubungkan langsung ke sumber air bertekanan. Bagian atas atau barel dari hydrant selalu diisi dengan air, dan tiap-tiap saluran memiliki katup tersendiri dengan batang yang menjorok ke sisi.

b. Hydrant Barel – Kering

Dalam desain hydrant bertekanan dengan tipe barel kering, hydrant dipisahkan dari sumber air bertekanan oleh katup utama di bagian bawah hydrant di bawah tanah. Bagian atas tetap kering sampai katup utama dibuka dengan menggunakan alat tertentu. Tidak terdapat katup di saluran tempat keluarnya air.

Hydrant dengan tipe barel kering biasanya digunakan pada saat musim dingin dimana suhu bisa turun di bawah 0­oC. Hal ini dilakukan untuk mencegah hydrant dari pembekuan.

Hydrant Gedung/ Box

 Hydrant Gedung/ Box

Hydrant gedung atau hydrant box merupakan suatu sistem pencega h kebakaran yang memakai pasokan air serta dipasang di dalam bangunan maupun gedung.

Hydrant gedung biasanya terpasang menempel pada dinding dan memakai pipa tegak (stand pipe) guna menghubungkan dengan pipa yang ada didalam tanah khusus kebakaran.

Untuk menentukan kebutuhan pasokan air kebakaran memakai perhitungan SNI 03-1745-2000 dan NFPA (National Fire Protection Association).

Hydrant Kota

Hydrant Kota

Hydrant kota merupakan sistem proteksi kebakaran, dimana hidrant dipasang di sepanjang jalan sebagai prasarana kota dan kebutuhan sunber air dipasok/disediakan oleh PDAM setempat. Dalam hal ini yang harus di perhatikan adalah tempat-tempat yang rawan akan kebakaran, sehingga bisa langsung di atasi jika sudah ada alat-alat pendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *